Posted by : Unknown

Hai pembaca, kali ini saya akan membahas tentang algoritma, materi ini sebagai prasyarat, artinya harus dikuasai sebelum memasuki materi materi selanjutnya dalam mata kuliah pemrograman terstruktur, materi ini telah disampaikan pada semester 1, agar kita lebih menguasai kita harus mereview ulang materi ini pada awal pertemuan mata kuliah pemrograman terstruktur pada semester 2, kali ini yang akan saya bahas adalah pengertian algoritma dan pengertian program, serta langkah - langkah dalam membuat algoritma langsung saja kita menuju topik pembahasan kita kali ini, yuhuuu. 



Pengertian Algortima 

Algoritma berasal darikata algorism, yaitu nama penulis buku arab yang terkenal, Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al-Khowarizmi. dalam bidang pemrograman komputer, algoritma didefinisikan sebagai berikut: Algoritma adalah kumpulan intruksi/langkah/perintah yang berhingga jumlahnya, dituliskan secara sistematis, dan digunakan menyelesaikan masalah/persoalanlogika dan matematika dengan bantuan komputer. (Sismoro,Heri. 2005. Logika Informatika, Algoritma dan Pemrograman Komputer. Yogyakarta: Penerbit ANDI. )
Algoritma dapat dikatakan metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik  untuk menghitung sebuah fungsi. Dimulai dari sebuah kondisi awal dan input awal (mungkin kosong), instruksi-instruksi tersebut menjelaskan sebuah komputasi yang, bila dieksekusi, diproses lewat sejumlah urutan kondisi terbatas [yang terdefinisi dengan baik, yang pada akhirnya menghasilkan "keluaran"  dan berhenti di kondisi akhir. Transisi dari satu kondisi ke kondisi selanjutnya tidak harus deterministik; beberapa algoritma, dikenal dengan algoritma pengacakan, menggunakan masukan acak.

Pengertian Program

Program komputer atau sering kali disingkat sebagai program adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer. Komputer pada dasarnya membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer, biasanya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi serangkaian instruksi program tersebut pada prosesor. Sebuah program biasanya memiliki suatu bentuk model pengeksekusian tertentu agar dapat secara langsung dieksekusi oleh komputer.

Program yang sama dalam format kode yang dapat dibaca oleh manusia disebut sebagai kode sumber, bentuk program yang memungkinkan programmer menganalisis serta melakukan penelaahan algoritma yang digunakan pada program tersebut. Kode sumber tersebut pada akhirnya dikompilasi oleh utilitas bahasa pemrograman tertentu sehingga membentuk sebuah program. bentuk alternatif lain model pengeksekusian sebuah program adalah dengan menggunakan bantuan interpreter, kode sumber tersebut langsung dijalankan oleh utilitas interpreter suatu bahasa pemrograman yang digunakan.
Beberapa program komputer dapat dijalankan pada sebuah komputer pada saat bersamaan, kemampuan komputer untuk menjalankan beberapa program pada saat bersamaan disebut sebagai multitasking. Program komputer dapat dikategorikan menurut fungsinya; perangkat lunak sistem atau perangkat lunak aplikasi.

Langkah - Langkah dalam Membuat Program
  1. mendefinisikan masalah
  2. menentukan solusi
  3. memilih algoritma
  4. menulis program
  5. menulis dokumentasi
  6. merawat program

Mendefinisikan Masalah
Pada langkah ini masalah akan ditentukan terlebih dahulu, kemudian apa saja yang harus dipecahkan dengan komputer, kemudian tentukan masukan dan keluarannya ( input output), Masalah disini yaitu masalah yang akan di analisis dan selanjutnya di pecahkan melalui program atau aplikasi melihat dari sundut pandang kebutuhan.

Menentukan Solusi
Setelah Masalah didefinisikan dengan jelas, masukan apa diberikan sudah jelas, keluaran apa yang diinginkan juga sudah jelas, jalan selanjutnya adalah mencari jalan bagaimana masalah tersebut diselesaikan, apabila masalahnya terlalu komplek biasanya harus membaginya kedalam beberapa modul kecil agar lebih mudah diselesaikan

Memilih Algoritma
Pada tahapan ini sangat diperlukan, karena tanpa tahapan planning pekerjaan yang dilakukan akan sia-sia tentunya dan memakan waktu yang lama. dengan planning system akan jelas serta tampilan aplikasi yang dibuat juga terarah. biasanya perancangan system dilakukan oleh system analyst yang selanjutnya di kerjakan oleh seorang programmer.Design System ini biasanya menggunakan Flowchart System atau symbol alur program dan sebagainya.

Menulis Program
Pada tahap ini programmer tentunya mengimplementasikan rancangan ke dalam bentuk struktur coding atau sering di sebut code a programmer languange. Bahasa program tentu banyak tergantung pemakaian, maka dibutuhkan suatu penerjemah yaitu intereter atau compiler

Menguji Program
Tahap testing juga tidak luput dari pembahasan seperti yang di kutip dari blog sebelah yaitu tahap :
  • Unit Testing
    Menguji setiap unit dan modul yang terdapat dalam program tersebut
  • Integration Testing
    Menguji integrasi yang dilakukan kepada program seperti halnya ketika program tersebut sudah diinstall di client kita yang membutuhkan integrasi dengan sisitem yang lain seperti halnya integrasi dengan database.
  • Validation Testing
    menguji masukan yang diberikan kepada program. apapun masukannya program harus bisa menyelesaikan dengan baik.
  • Sistem Testing
    Pada tahap ini menguji permorfa dari program, apabila program dijalankan dengan kondisi-kondisi tertentu bagaimana

Menulis Dokumentasi
Setelah tahap implementasi dilakukan dan program sudah mencakup 80 % selanjutnya buat lah dokumentasi atau komentar-komentar pada cuplikan program, tujuannya adalah jika terjadi debug atau problem kita dapat mengoreksinya dengan mudah dan sebaliknya orang dapat mengoreksi program yang kita buat.

Merawat Program
Program tanpa maintenance tentu tidak update dalam masalah bug error report yang dikeluhkan oleh pemakaian.  Agar aplikasi dapat di kembangkan kembali beberapa tahun kemudian atau open source serta ada juga close source yang tidak bisa di kembangkan oleh pihak lain biasanya ditentukan oleh lisensi sebuah program hanya untuk pemakaian saja.
Hargailah profesi seorang programmer, karena menciptakan sebuah program itu tidak mudah seperti memasak air. Tanpa programmer dunia IT tidak berkembang pesat seperti saat ini. Programmer juga butuh hidup dan sosialisasi. karena menjadi programmer itu tidak mudah.

Contoh Algoritma Sederhana

Perhatikan algoritma sederhana berikut:
1.   Start
2.   Baca data alas dan tinggi.
3.   Luas adalah alas kali tinggi kali 0.5
4.   Tampilkan Luas
5.   Stop

Algoritma di atas adalah algoritma yang sangat sederhana, hanya ada lima langkah. Pada algoritma ini tidak dijumpai perulangan ataupun pemilihan. Semua langkah dilakukan hanya satu kali. Sekilas algoritma di atas benar, namun apabila dicermati maka algoritma ini mengandung kesalahan yang mendasar, yaitu tidak ada pembatasan pada nilai data untuk alas dan tinggi.

Bagaimana jika nilai data alas atau tinggi adalah bilangan 0 atau bilangan negatif ?

Tentunya hasil yang keluar menjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dalam kasus seperti ini kita perlu menambahkan langkah untuk memastikan nilai alas dan tinggi memenuhi syarat, misalnya dengan melakukan pengecekan pada input yang masuk. Apabila input nilai alas dan tinggi kurang dari 0 maka program tidak akan dijalankan.

Sehingga algoritma di atas dapat dirubah menjadi seperti contoh berikut:

1.   Start
2.   Baca data alas dan tinggi.
3.  Periksa data alas dan tinggi, jika nilai data alas dantinggi lebih besar dari nol maka lanjutkan ke langkah ke 4 jika tidak maka stop
4.   Luas adalah alas kali tinggi kali 0.5
5.   Tampilkan Luas
6.   Stop

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan pokok tentang algoritma. Pertama, algoritma harus benar. Kedua algoritma harus berhenti, dan setelah berhenti, algoritma memberikan hasil yang benar.

Demikianlah postingan saya kali ini, Terimakasih
Salam


Referensi:
Modul Materi Dosen Acihmah Sidauruk
Sismoro,Heri. 2005. Logika Informatika, Algoritma dan Pemrograman Komputer. Yogyakarta: Penerbit ANDI.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Blog Tugas -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -